Tuesday, April 5, 2016

Martabak Mesir

Martabak yang satu ini sering disebut dengan sebutan martabak kubang atau martabak mesir. Martabak dengan perpaduan rasa Padang dan India ini termasuk dalam keluarga martabak telur yang ada di Sumatera Barat.

Resep martabak Mesir Martabak Kubang




Bahan - Bahan

Bahan adonan kulit

Tepung terigu jenis protein sedang sebanyak 250 gram
Telur ayam sebanyak 1 butir
Air matang sebanyak 125 cc
Margarine sebanyak 100 gram
Garam secukupnya

Bahan isi martabak Mesir

Daging giling sebanyak 300 gram
Telur ayam sebanyak 6 butir
Garam serta merica secukupnya
Bumbu kari pasta sachet atau siap saji
Bawang putih sebanyak 4 siung yang dihaluskan
Daun bawang sebanyak 2 ikat yang kemudian dicincang
Bawang Bombay sebanyak 6 buah yang kemudian diiris

Bahan saos cuka pedas

Air asam jawa sebanyak 1 sdt
Kecap asing sebanyak 2 sdm
Garam serta gula secukupnya
Bawang merah yang diiris atau bisa menggunakan bawang bombay
Acar mentimun
Air matang sebanyak 2 sdm
Cabe rawit yang diiris

Setelah mempersiapkan bahan-bahan sesuai resep martabak Mesir, kini saatnya mengeksekusinya. Berikut langkah-langkah pembuatannya versi blog Resep Masakan Indonesia, yaitu:

1. Kulit martabak

1.Pertama sekali campurkan tepung terigu dan juga margarine yang telah dicairkan ke dalam wadah. Tambahkan juga telur serta garam.
2.Lalu aduk-aduk campuran bahan tersebut sembari diberi air sedikit demi sedikit hingga adonan menjadi kental. Bagi dua adonan tersebut.
3.Bulatkan adonan tersebut dan rendam dalam minyak goreng selama 1 sampai 2 jam. Untuk 1 jam pertama pastikan adonan terendam seutuhnya pada minyak goreng.
4.Untuk 1 jam berikutnya adonan tersebut bisa diangkat dan taruh di dalam wadah dan tutup dengan plastic atau kain bersih.

2. Isi martabak

1.Bawang Bombay ditumis dengan bawang putih, sampai beraroma harum. Kemudian Anda bisa memasukkan bumbu kari instan pada tumisan tersebut. Tambahkan daun bawang, garam serta merica.
2.Tambahkan daging giling, dan aduk sampai semua tercampur rata. Biarkan daging mengeluarkan sari didalamnya dan akhirnya menyusut. Setelah tumisan matang, angkat dan sisihkan pada wadah lain. Bagi menjadi dua bagian.

3. Saus cuka pedas

Campurkan seluruh bahan cuka kecuali acar timun. Aduk rata hingga mendapatkan rasa yang pas. Atau, Anda juga bisa menggunakan kuah empek-empek yang pas untuk saus martabak Mesir.

4. Cara membuat Martabak Mesir Yang Gurih dan Enak

1.Ambil 1 adonan martabak Mesir kemudian pipihkan kulit adonan sampai melebar dan tipis dengan gerakan melingkar. Atau, Anda bisa menggilasnya jika tidak bisa melakukan gerakan melingkar.
2.Dalam sebuah wadah, masukkan 1 butir telur, daging tumis, daun bawang yang diiris, merica dan garam serta bawang Bombay. Aduk semua bahan menjadi satu.
3.Lalu panaskan wajan Teflon lalu masukkan kulit martabak tersebut dan tuang isi martabak ke atas kulit adonan. Lipat kulit adonan menjadi bentuk kotak, dan goreng sampai matang dan berwarna kuning kecoklatan.
4.Angkat dan sajikan dengan saus cuka.